Tentang Yayasan


Yayasan Lentera Sahabat adalah sebuah yayasan non profit dan bergerak di bidang sosial yang concern membantu sahabat kecil (anak-anak) yang sedang mengalami sakit dan membutuhkan bantuan dalam bentuk pendampingan finansial, administratif dan psikologis.

Yayasan yang berdiri pada tanggal 07 Mei 2013 di Yogyakarta ini berawal dari suatu kegiatan kepedulian sosial komunitas yang kemudian menjadi bentuk yayasan yang resmi dan berbadan hukum sesuai dengan Surat Keputusan MENKUMHAM RI : AHU-6823.AH.01.04 Tahun 2013.

Yayasan Lentera Sahabat sendiri mempunyai lebih dari 20 Relawan yang berada di wilayahnya masing-masing dan bertugas mendampingi pasien yang berada di wilayah tersebut.

Tujuan kami adalah menjadi kepanjangan tangan Tuhan untuk turut serta berbagi kebahagian dengan sahabat-sahabat kecil yang membutuhkan dengan fokus kegiatan pendampingan pada aspek finansial, administrasi, dan psikologi.

Adapun penjabaran kegiatan pendampingan yang kami lakukan antara lain:

1. Pendampingan Finansial
Dalam pendampingan ini, yayasan membantu pasien dalam hal pembelian obat, pembiayaan kontrol dokter, pembiayaan opname, kebutuhan transport, kebutuhan hidup pasien dan orangtua pasien selama opname, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang dibutuhkan pasien dalam masa pengobatan.

2. Pendampingan Administratif
Banyak sekali keluarga pasien terutama yang berasal dari daerah pelosok (pedesaan) tidak mengerti cara mengurus administrasi di rumah sakit, mulai dari pendaftaran sampai tahap pembayaran.
Disini yayasan membantu keluarga pasien untuk mengurus administrasi tersebut dengan tujuan untuk meringankan beban keluarga pasien serta memberi kemudahan pasien agar segera mendapat penanganan dari pihak rumah sakit.
Selain membantu administrasi di rumah sakit, yayasan juga mendampingi keluarga pasien mengurus Jaminan Kesehatan di instansi pemerintahan terkait.

3. Pendampingan Psikologis
Keadaan sakit yang berat dan kondisi opname dalam waktu yang cukup lama akan mempengaruhi kondisi psikologis bagi pasien dan keluarganya.
Rasa sakit, bosan, jenuh, takut, bingung dan sebagainya pasti menjadi beban pikiran mereka.
Disinilah yayasan berperan aktif sebagai pendamping agar pasien dan keluarga tidak merasa sendiri.
Secara berkala relawan bertugas mengunjungi (besuk) dan mendampingi keluarga pasien di bangsal rumah sakit atau ke rumah tinggal mereka.
Kami berharap bahwa dukungan, support dan semangat yang kita berikan akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan memberi dampak positif bagi kesembuhan pasien.

Alasan anda berdonasi melalui Yayasan Lentera Sahabat:
1. Kami fokus bergerak di bidang anak, sehingga sasaran kami jelas.
2. Kami memiliki program unggulan dalam bidang pendampingan psikologis, dimana bantuan yang kami berikan tidak hanya secara finansial namun juga dukungan secara psikologis.
3. Bantuan juga bisa melalui pembelian souvenir dan kaos Yayasan.

“Kami menyebutnya sebagai amanat, agar yang kami lakukan ini, bisa menjadi manfaat dan berkat untuk kita semua. Amiin”