Zaki, 5 tahun penderita kebocoran ginjal


Sudah lebih dari 3,5 tahun, Zaki menderita sakit kebocoran fungsi ginjal (sindrom nefrotik, hernia resisten steroid). Ginjalnya tidak dapat berfungsi normal. Protein banyak terbuang melalui urine. Dan efeknya apabila tidak minum obat ia akan lemas, kemungkinan drop dan akan membuat orang tuanya khawatir.

Pekerjaan orang tua Zaki sebagai buruh tani dan serabutan membuatnya kesusahan untuk membeli obat. Beberapa jenis obat dan vitamin tidak termasuk dalam penjaminan bantuan BPJS. Obat Cellcept (MMF) dan Allopurinol jika harus dipenuhi, membutuhkan biaya sekitar 1,5 juta rupiah per bulannya. Padahal itu obat yang paling penting untuk Zaki. Sesekali orangtua hanya bisa menebus (mengecer) 200 ribu rupiah, itupun jika ada uang. Sedangkan obat yang sudah terbantu melalui penjaminan antara lain Sandimun, Methylprednisolone dan Valsartan.

Ditambah lagi variabel kebutuhan transport mereka dari Magelang menuju Yogyakarta untuk menjalani pengobatan dan pengadaan obat tersebut. Pernah Bapak Agus bercerita kepada kami sampai-sampai ia harus menjual burung merpati kesayangan Zaki untuk transport mereka berobat.

Zaki_IG_1.jpg
Setidaknya setiap 2 minggu sekali Zaki harus rutin kontrol dan berobat ke RSUP Sardjito, di beberapa klinik (poli anak). Itupun dalam kondisi baik dan tidak harus masuk opname karena gangguan kesehatan (lemas, albumin rendah, hernia). Pada kurun waktu pengobatan selama 4 tahun ini, sudah berpuluh kali Zaki harus menjalani perawatan opname di RSUD Muntilan dan RSUP Sardjito.

Zaki merupakan putra ke-2 pasangan Bapak Agus dan Ibu Suharsi. Mereka datang dari Gondosuli, Muntilan, Magelang. Dikisahkan kepada kami, Zaki mengalami sakit sindrom nefrotik ini sejak akhir tahun 2013. Kala itu ia masih berusia 1,5 tahun.

Bantu Zaki untuk dapat melakukan pengobatan, tetap sehat dan semangat untuk harapan kesembuhan. Bantuan dari Anda akan sangat bermanfaat untuk Zaki dan keluarga. Yayasan Lentera Sahabat - 081911121888
Berbagi dan Melayani sepenuh hati
Mandiri : 1370010660294
BNI : 0297266574
BCA 0373 603 888
Semua atas nama Yayasan Lentera Sahabat.
#Update Pagi hari ini Zaki dan keluarga bersiap dan bergegas menuju RSUP untuk keperluan kontrol di klinik nefro dan klinik kulit. Minggu lalu Zaki harus dirawat opname selama 4 hari karena albumin drop. Selama menjalani perawatan opname, Zaki menerima transfusi albumin sebanyak 4 kali (4 botol albumin).

Keperluan pengobatan Zaki pagi hari ini (2 Oktober 2017) adalah untuk pembelian dan pengambilan obat dari klinik nefro (ginjal) dan kontrol ke klinik kulit. Dari klinik nefro ada obat yang harus dibeli, obat Cellcept atau MMF, obat yang paling 'baik' yang direkomendasikan oleh dokter mempertimbangkan kondisi kerusakan ginjal yang dialami Zaki. Obat ini lumayan mahal (2 butir seharga 44 ribu rupiah per hari), dan tidak tercover oleh BPJS kecuali dalam posisi opname. Dari klinik kulit ada yang perlu dikonsultasikan, berkaitan dengan reaksi bintik-bintik merah dan gatal di sekujur tubuh Zaki yang harus segera diobati.

Hari ini kami serahkan bantuan untuk kebutuhan pembelian obat Zaki sejumlah Rp 500.000. Segera sembuh dan membaik yaa Zaki. Kembali dengan aktivitas keseharianmu dan keluarga, semoga selalu diberikan kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan pengobatanmu, pembelian obat dan kontrol rutin di RSUP.

Admin

Dibuat 22 May 2017 Yogyakarta

143 hari lagi

Featured Campaign

Rp 1.350.000
terkumpul dari target Rp 20.000.000

7% terkumpul Pembelian Obat